B. Rosaline Villenueve

17 Januari

Rosaline lahir pada tahu 1267 di sebuah kastil di Villenueve, Perancis. Ia berasal dari keluarga bangsawan kuno, dan merupakan Puteri dari Count Arnaud. Sejak kecil Rosaline sudah menaruh perhatian yang besar kepada orang-orang miskin. Ia sering memberikan makanan-makanan mahal yang tersedia untuknya kepada para pengemis dan gelandangan disekitar kastilnya secara diam-diam. Pada suatu ketika, ayahnya mengetahui hal ini dan melarangnya untuk memberikan makanan kepada para pengemis dan gelandangan. Rosaline menurutinya, tetapi hal ini hanya bertahan satu minggu. Melihat para pengemis dan pelandangan menggerakan hatinya untuk melakukan tindakan yang sudah dilarang oleh ayahnya. Pada suatu malam, Rosaline dengan diam-diam membawa makanan dibalik celemek. Kali ini ia dipergoki oleh ayahnya dan memintanya untuk memperlihatkan apa yang ia bawa. Ketika Rosaline membuka celemeknya, semua berubah menjadi bunga mawar. Sejak saat itu, ayahnya memerintahkan juru masaknya untuk memberi makan semua orang di pintu kastilnya.

Setelah dewasa, Rosaline menjadi biarawati Kartusian dengan memasuki biara St. Bertrand di Keuskupan Gap, Perancis. Ia kemudian menjadi prior di biara Celle-Roubaud, Provence, Perancis. Ibunya kemudian bergabung bersama dengan Rosaline, dan saudara laki-lakinya mendirikan sebuah gereja untuk tempat tinggal mereka. Rosaline sendiri diberikan banyak talenta. Ia sering menerima pengelihatan, dan juga mampu mendengarkan suara hati seseorang. Suatu ketika saudaranya, Helian pergi bertempur pada perang salib, dan tertangkap. Legenda mengatakan bahwa ia terbebas dari rantai yang mengikatnya dan pulang dengan selamat setelah memperoleh pengelihatan Rosaline yang muncul kepadanya pada sebuah awan berbentuk mawar. Rosaline meninggal pada 17 Januari 1329. Tubuhnya tidak mengalami kerusakan (incorrupted body) setelah makamnya diperintahkan untuk dibuka oleh sahabatnya, yang adalah Paus Yohanes XXII. Rosaline Villenueve dibeatifikasi oleh Paus Pius IX setelah kultusnya diakui pada tahun 1851.


dari sumber http://saints.sqpn.com/, Carthusian Saints oleh seorang biarawan Kartusian; 2006, dan http://www.imankatolik.or.id/

Kalender Orang Kudus