St. Leopold

15 November

Leopold adalah cucu dari Kaisar Henry III, ia juga nantinya menjadi kakek dari Frederick Barbarossa. Ia lahir di Melk, Austria, pada tahun 1073. Ia belajar kepada Uskup Altman dari Passau, dab pada usia 23 tahun, ia menggantikan ayahnya sebagai gubernur militer (margrave) Austria.

Pada tahun 1106, Leopold menikahi puteri Kaisar Henry IV, yang juga seorang janda bernama Agnes. Agnes membawa dua orang anak dari perkawinannya yang dahulu. Leopold dan Agnes sendiri dikaruniai delapan belas anak, dimana sebelas diantaranya hidup. Salah satu anaknya adalah Otto dari Freising, yang menulis biografi Leopold, dan Henry II dari Austria. Salah satu anak tirinya adalah Raja Konrad III dari Jerman.

Leopold dikenal karena kesalehan dan kasihnya. Pada tahun 1106, ia mendirikan tiga biara, Benediktin, Cistersian, dan Agustinian, dan beberapa biara lagi diwaktu lain hidupnya. Leopold juga mengalahkan orang-orang Hungaria untuk melindungi kampung halamannya.

Pada tahun 1125, Leopold menolak menjadi Kaisar setelah kematian saudara iparnya, Henry V. Ia menudan aktif dalam mendukung perang salib. Leopold meninggal pada tahun 1135 pada salah satu biara yang ia dirikan. Ia dikanonisasi oleh Paus Innocentius VIII pada 1486.


Kalender Orang Kudus